PERANGKAT UNTUK MENGAJAR SECARA EFEKTIF
Psikologi pendidikan adalah cabang
ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan
pembelajaran dalam lingkungan pendidikan
Ada tiga perintis terkemuka yang
muncul di awal sejarah psikologi pendidikan yaitu
- WillIam James mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita bagaimana cara mengajar anak secara efektif.dia menegaskan pentingnya mempelajari proses belajar dan mengajar dikelas guna meningkatkan mutu pendidikan
- John Dewey mengatakan bahwa anak sebagai pembelajar aktif(active learner) .sebelum dewey mengemukakan pandangan ini ada keyakinan bahwa anak-anak mestinya duduk diam di kursi mereka dan mendengarkan pelajaran secara pasif dan sopan.sebaliknya,dewey percaya bahwa anak-anak akan belajar lebih baik jika mereka aktif ,dari dewey juga kita mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya
- E.L.Thorndike berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan disekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak
Pada
1950-an skinner mengembangkan konsep programmed learning (pembelajaran
terprogram)yakni setelah murid melalui serangkaian langkah ia terus terdorong
(reinforced) untuk mencapai tujuan dari pembelajaran .skinner menciptakan
sebuah alat pengajaran yang berfungsi sebagai tutor dan mendorong murid untuk
mendapatkan jawaban yang benar
Cara
mengajar yang efektif
Karena
mengajar adalah hal yang kompleks dan karena murid-murid itu bervariasi.guru
harus menguasai beragam perspektif dan strategi dan harus bisa
mengaplikasikannya secara fleksibel.hal ini membutuhkan dua hal utama
1.pengetahuan
dan keahlian profesional yaitu
penguasaan materi pelajaran,strategi pengajaran,penetapan tujuan dan keahlian
perencanaan instruksional,keahlian manajemen kelas,keahlian
motivasional,keahlian komunikasi,berkerja secara efektif dengan murid dari
latar belakang kultural yang
berlainan,keahlian teknologi
2.komitmen
dan motivasi ,dapat membantu guru yang efektif untuk melewati masa-masa yang
sulit dan melelahkan dalam mengajar
Riset
dalam psikologi pendidikan
Riset
bisa menjadi sumber informasi berharga untuk memahami strategi mengajar.kadang-kadang
dikatakan bahwa pengalaman adalah guru yang penting baik itu pengalaman sendiri
maupun pengalaman orang lain .Riset ilmiah adalah riset objektif,sistematis dan
dapat diuji .riset ilmiah mereduksi kemungkinan bahwa informasi didasarkan pada
keyakinan,opini dan perasaan personal .riset ilmiah dilandaskan pada metode
ilmiah ,sebuah pendekatan yang dapat
dipakai untuk menemukan informasi yang akurat .pendekatan ini terdiri dari
beberapa langkah : merumuskan masalah,mengumpulkan data,menarik kesimpulan
serta merevisi kesimpulan dan teori riset
Teori
adalah seperangkat ide yang saling berkaitan dan koheren,yang berfungsi untuk
menjelaskan dan membuat prediksi dengan teori seorang pe-riset kemudian bisa
merumuskan hipotesis ,yakni asumsi dan prediksi spesifik yang dapat diuji untuk
mengetahui apakah teori itu benar atau tidak
Metode
riset
Ada
tiga metode dasar yang dipakai untuk mengumpulkan informasi dalam psikologi
pendidikan yaitu deskriptif,korelasional dan eksperimental.
- Riset deskriptif,riset ini bertujuan untukmengamati dan mencatat perilaku .riset deskriptif tidak dengan sendirinya bisa membuktikan apa penyebabnya dari suatu fenomena ,tetapi bisa mengungkapkan informasi penting tentang perilaku dan sikap orang .observasi ilmiah dilakukan dengan cara yang sistematis.observasi ini membutuhkan pengetahuan tentang apa yang anda amati,melakukan observasi dengan cara yang tidak mengandung bias,mencatat dan menglompokan apa yang anda lihat secara akurat dan menyampaikan hasil observasi anda secara efektif
- Riset korelasional ,tujuan dari riset ini adalah mendeskripsikan kekuatan hubungan antara dua atau lebih kejadian atau karakteristik.riset ini berguna karena semakin kuat dua hubungan antara dua peristiwa,maka kita bisa memprediksi satu kejadian secara lebih efektif
- Riset rksperimental ,dengan riset ini ahli psikologi pendidikan bisa menentukan sebab-sebab perilaku .riset ini paling tidak menggunakan satu variabel independen (bebas) dan satu variabel dependen (tergantung).variabel dependen (tergantung) adalah faktor yang diukur dalam sebuah eksperimen.variabel ini bisa berubah apabila variabel independen dimanipulasi .variabel independen adalah faktor yang dimanipulasi,yang berpengaruh,faktor eksperimental.label independen menunjukan bahwa variabel ini bisa diubah terlepas dari faktor-faktor lain
0 komentar:
Posting Komentar