Minggu, 02 April 2017

psikologi pendidikan



PERANGKAT UNTUK MENGAJAR SECARA EFEKTIF

Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan

Ada tiga perintis terkemuka yang muncul di awal sejarah psikologi pendidikan yaitu
  •  WillIam James mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita bagaimana cara mengajar anak secara efektif.dia menegaskan pentingnya mempelajari proses belajar dan mengajar dikelas guna meningkatkan mutu pendidikan
  •  John Dewey mengatakan bahwa anak sebagai pembelajar aktif(active learner) .sebelum dewey mengemukakan pandangan ini ada keyakinan bahwa anak-anak mestinya duduk diam di kursi mereka dan mendengarkan pelajaran secara pasif dan sopan.sebaliknya,dewey percaya bahwa anak-anak akan belajar lebih baik jika mereka aktif ,dari dewey juga kita mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya
  • E.L.Thorndike berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan disekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak
Pada 1950-an skinner mengembangkan konsep programmed learning (pembelajaran terprogram)yakni setelah murid melalui serangkaian langkah ia terus terdorong (reinforced) untuk mencapai tujuan dari pembelajaran .skinner menciptakan sebuah alat pengajaran yang berfungsi sebagai tutor dan mendorong murid untuk mendapatkan jawaban yang benar

Cara mengajar yang efektif
Karena mengajar adalah hal yang kompleks dan karena murid-murid itu bervariasi.guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel.hal ini membutuhkan dua hal utama 

1.pengetahuan dan keahlian profesional  yaitu penguasaan materi pelajaran,strategi pengajaran,penetapan tujuan dan keahlian perencanaan instruksional,keahlian manajemen kelas,keahlian motivasional,keahlian komunikasi,berkerja secara efektif dengan murid dari latar belakang kultural  yang berlainan,keahlian teknologi

2.komitmen dan motivasi ,dapat membantu guru yang efektif untuk melewati masa-masa yang sulit dan melelahkan dalam mengajar
    
Riset dalam psikologi pendidikan
           Riset bisa menjadi sumber informasi berharga untuk memahami strategi mengajar.kadang-kadang dikatakan bahwa pengalaman adalah guru yang penting baik itu pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain .Riset ilmiah adalah riset objektif,sistematis dan dapat diuji .riset ilmiah mereduksi kemungkinan bahwa informasi didasarkan pada keyakinan,opini dan perasaan personal .riset ilmiah dilandaskan pada metode ilmiah ,sebuah pendekatan  yang dapat dipakai untuk menemukan informasi yang akurat .pendekatan ini terdiri dari beberapa langkah : merumuskan masalah,mengumpulkan data,menarik kesimpulan serta merevisi kesimpulan dan teori riset

Teori adalah seperangkat ide yang saling berkaitan dan koheren,yang berfungsi untuk menjelaskan dan membuat prediksi dengan teori seorang pe-riset kemudian bisa merumuskan hipotesis ,yakni asumsi dan prediksi spesifik yang dapat diuji untuk mengetahui apakah teori itu benar atau tidak
  
 Metode riset
Ada tiga metode dasar yang dipakai untuk mengumpulkan informasi dalam psikologi pendidikan yaitu deskriptif,korelasional dan eksperimental. 
  •  Riset deskriptif,riset ini bertujuan untukmengamati dan mencatat perilaku .riset deskriptif tidak dengan sendirinya bisa membuktikan apa penyebabnya dari suatu fenomena ,tetapi bisa mengungkapkan informasi penting tentang perilaku dan sikap orang .observasi ilmiah dilakukan dengan cara yang sistematis.observasi ini membutuhkan pengetahuan tentang apa yang anda amati,melakukan observasi dengan cara yang tidak mengandung bias,mencatat dan menglompokan apa yang anda lihat secara akurat dan menyampaikan hasil observasi anda secara efektif
  •  Riset korelasional ,tujuan dari riset ini adalah mendeskripsikan kekuatan hubungan antara dua atau lebih kejadian atau karakteristik.riset ini berguna karena semakin kuat dua hubungan antara dua peristiwa,maka kita bisa memprediksi satu kejadian secara lebih efektif
  •   Riset rksperimental ,dengan riset ini ahli psikologi pendidikan bisa menentukan sebab-sebab perilaku .riset ini paling tidak menggunakan satu variabel independen (bebas) dan satu variabel dependen (tergantung).variabel dependen (tergantung) adalah faktor yang diukur dalam sebuah eksperimen.variabel ini bisa berubah apabila variabel independen dimanipulasi .variabel independen adalah faktor yang dimanipulasi,yang berpengaruh,faktor eksperimental.label independen menunjukan bahwa variabel ini bisa diubah terlepas dari faktor-faktor lain

0 komentar:

Posting Komentar

 

NAB-IL-AH Template by Ipietoon Cute Blog Design